CATATAN PERJALANAN PARANGPANG

Kegiatan pemetaan Gua Parangpang, Desa Sidamulih, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat oleh Divisi Caving Kapala MAGMAGAMA berlangsung sejak tanggal 27-29 April 2018. Perjalanan diawali pada hari Jumat tanggal 27 April 2018 sekitar pukul 20.00 WIB menggunakan mobil bersama Bapak Mulyantoro dari Kantor Pusat Fakultas Teknik (KPFT).

Namun sebelum keberangkatan, telah dilaksanakannya pelepasan delegasi dari Divisi Caving yang beranggotakan Almas N.M. (Kabau), M. Fakhri T.P. (Bantol), M.Zaudan R.F.(Seblak), Premira A.K. (Ucul), T. Siska (Princess Wenak), dan Yusra F. (Cigak) di Sekretariat HMTG dengan foto bersama.

foto delegasi.jpg

Perjalanan yang ditempuh untuk sampai di tujuan, sekitar 7 1/2 jam. Selama kurang lebih  4 1/2 jam perjalanan, yaitu sekitar pukul 22.30 WIB kami tiba di daerah Kebumen dan memutuskan untuk beristirahat dan makan malam di sebuah Rumah Makan Daerah Kebumen, kemudian perjalanan dilanjutkan hingga akhirnya sampai sekitar pukul 03.30 WIB di lokasi tujuan, yaitu rumah dari ketua Pok darwis Desa Cibeureum, Kecamatan Sidamulih, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat sesampainya di sana kami beristirahat.

Keesokan harinya sekitar pukul 08.00 WIB, agendanya adalah sarapan pagi, persiapan alat-alat untuk melakukan pemetaan, dan briefing. Baru sekitar pukul 09.30 WIB kami memulai perjalanan menuju lokasi pemetaan, Gua Parangpang. Perjalanan yang ditempuh dari lokasi peristirahatan sekitar 1 km dan ditempuh dengan berjalan kaki selama kurang lebih 45 menit. Selama perjalanan menuju lokasi pemetaan, kami pun ditunjukan beberapa sumber air yang biasa digunakan warga sekitar untuk digunakan air guna kebutuhan sehari-harinya.

Sesampainya di GuaParangpang sekitar pukul 10.15 WIB, warga lokal melakukan ritual di mulut Gua dengan membakar serabut kelapa sambil mengucapkan kata-kata permohonan izin kepada leleluhur dengan bahasa daerahnya (Bahasa Sunda) dan kami pun masing-masing diberikan satu batang rokok untuk disimpan di kantong guna kelancaran dan sebagai permohonan izin kepada leluhurnya untuk dapat memasuki Gua Parangpang.

Setelahselesai ritual, kami membagimenjadiduagrup, yaitu grup pemetaan dan grup fotografi. Grup fotografi beranggotakan, yaitu:

T.Siska (princess wenak)         ⇒ Cameraman

M.ZaudanR.F. (seblak)             ⇒ Flashman

sedangkan grup pemetaan beranggotakan, yaitu :

Almas N.M.(Kabau)               ⇒ Descriptor

M.FakhriT.P.(Bantol)            ⇒ Shooter

PremiraA.K.(Ucul)                 ⇒ Stationer

Yusra F.(Cigak)                      ⇒Skethcer

Selama pemataan berlangsung, banyak hal-hal yang kami dapatkan baik mengenai sejarah masa lalu Gua Parangpang, maupun dari kondisi terkini Gua Parangpang. Dari hasil pemetaan didapatkan beberapa jenis hewan yang dapat dijumpai di dalam Gua ini, yaitu diantaranya :

1. Kelelawar
  2. Jangkrik
  3. Laba-laba
  4. Kaki seribu
  5. Kecoa

Pemetaan berlangsung sampai sekitar pukul 12.00 WIB dan kami beristirahat di “saung” buatan Pok darwis yang berlokasi di bagian atas daripada Gua Parangpang, baru kemudian pemetaan dilanjutkan siang harinya.

saung pokdarwis.jpg

Setelah beristirahat sejenak di “saung” kemudian kami diajak ke salah satu rumah warga sebeagai tempat beristirahat dan shalat zuhur selagi menunggu “nasi liwet” matang yang dibuat oleh warga sekitar yang mana mereka sedang membangun tempat diskusi. Setalah makanan siap, kami diajak menuju lokasi untuk makan bersama.

makan bareng

Setelah makan siang kemudian sekitar pukul 15.00 WIB s.d. 17.20 WIB kami melanjutkan pemetaan dan fotografi Gua yang masih belum terselasaikan. Setelah pemetaan dan fotografi Gua selesai, kami kembali pulang ke rumah ketuanya Pok Darwis diantarkan Pak Mulyantoro. Sesampainya di sana kami istirahat, shalat, mandi, makan, dan mengolah data agar malam harinya dapat dipresentasikan di depan kepala desa, pok darwis, dan wargasekitar yang ingin mengetahui hasil daripada pemetaan Gua oleh MAGMAGAMA.

Setelah presentasi selesai, kami kembali ke rumahnya ketua Pok darwis dan beristirahat karena esok harinya harus pulang kembali ke Yogyakarta. Keesokan harinya, tepatnya hari Minggu, 29 April 2018, kami berkemas barang untuk persiapan pulang. Kami berangkat sekitar pukul 10.00 WIB dan tiba di Yogyakarta sekitar pukul 19.00 WIB. dan berikut merupakan dokumentasi sebelum kepulangan kami.