BERSIH SUNGAI WINONGO

BERSIH SUNGAI WINONGO

DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI AIR SEDUNIA 2018

   Acara bersih Sungai Winongo merupakan kegiatan gabungan antara Fakultas Bioteknologi UKDW, Divisi Sosial HMTG FT UGM, Kapala MAGMAGAMA, dan Ground Water Working Group (GWWG) yang diadakan dalam rangkaian memperingati Hari Air Sedunia tahun 2018. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud aksi peduli lingkungan dari Kapala MAGMAGAMA bersama dengan UKDW dan HMTG terutama dalam aspek hidrologinya. Diharapkan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran mahasiswa dan masyarakat akan pentingnya pelestarian sumber daya air dalam lingkungan hidup dan dalam menjaga serta merawat alam.

   Kegiatan yang dilakukan selain membersihkan sampah pada Sungai Winongo adalah membersihkan tiga titik mata air di sepanjang Sungai Winongo. Mata air ini memiliki kualitas air yang jauh lebih baik dibandingkan air sungai, akan tetapi penduduk sekitar justru kurang dapat memanfaatkannya akibat mata air ini tertutup oleh sampah yang menyumbatnya. Sehingga dengan dibersihkannya mata air tersebut, air tanah yang keluar dapat dimanfaatkan langsung oleh penduduk di sekitarnya.

   Bersih mata air ini dilakukan pada tiga titik yang sebelumnya telah dipetakan oleh Ground Water Working Group. Diikuti dengan antusiasme peserta baik dari Kapala MAGMAGAMA, UKDW, maupun HMTG. Kegiatan bersih mata air ini berjalan dengan lancar dan dapat diselesaikan dalam waktu sekitar 4 jam. Mata air yang kembali terbuka kemudian akan dikelola oleh relawan untuk dimanfaatkan dan didistribusikan kependuduk sekitarnya. Setelah pembersihan mata air dibuat pula saluran untuk menyalurkan mata air. Selain membersihkan sampah dari sungai dan mata air, kami juga dilakukan penanaman tanaman di sekitar Sungai Winongo.

   Dengan dilaksanakannya acara ini, Kapala MAGMAGAMA berterimakasih atas kerjasama dan antusias yang sudah dilakukan rekan – rekan Divisi Sosial HMTG serta Fakultas Bioteknologi UKDW. Terimakasih juga kepada Ground Water Working Group dan Forum Komunikasi Winongo Asri atas dukungan logistik yang telah diberikan. Semoga dengan dilaksanakannya acara ini dapat memberikan manfaat bagi peserta yang terlibat dan membuat Kapala MAGMAGAMA menjadi organisasi terkemuka dalam menjaga kelestarian alam.

R2.png

Foto 1. Peserta membersihkan sampah di bantaran sungai dan mata air

 

 

R3.png

Foto 2. Peserta membersihkan sampah di Sungai Winongo

 

#editor: 1625004

bennozola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.