Peralatan S.O.P.

Peralatan S.O.P.

     S.O.P peralatan alam ini disusun berdasarkan jenis peralatan dan tipe yang ada.  poster ini di buat sebagai acuan kami dalam melakukan pemeliharaan alat. S.O.P yang berisi tentang prosedur yang harus dilakukan dalam melakukan pemeliharaan secara rutin pada fasilitas kepecinta-alaman.untuk itu dibuatlah poster yang berisi tentang panduan S.O.P serta cheklist peralatan. Checklist peralatan tersebut terbagi menjadi 2 kelompok yakni peralatan logam dan nonlogam.

    Untuk peralatan logam tersebut terdapat croll, pullyfix, carabineer, mailons rapid, nasting, rop brush, figure delapan, ascender,descender, dan runner. Lalu untuk peralatan yang non logam sendiri itu terdapat helm, chalk bag, sepatu panjat,cowstail, seat harness, tali kernmantle, alat komunikasi lapangan, dome, coverall, footloop, flyseet dan webbing.

     Untuk peralatan logam sendiri biasanya digunakan dalam kegiatan pemanjatan tebing maupun susur gua. Runner merupakan gabungan antara prusik dan dua buah carabiner. Biasanya digunakan untuk menjadi bagian penyambung antara chocksfriendstricamsbolts ataupun pitons terhadap tali carnmantelHand ascender merupakan peralatan yang digunakan untuk membantu pemanjat dalam menaiki tebing dan bertumpu pada bantuan tali. Figure of Eight/Figur Delapan termasuk salah satu Descender adalah alat bantu yang digunakan untuk menuruni medan vertical dan tali sebagai jalur. Autostop berfungsi sebagai desender dan ini di-design untuk pengereman automatis, system kerja pengereman automatis akan bekerja ketika handle kita lepaskan. Pulley, mirip katrol, kecil dan ringan tetapi memiliki kemampuan dalam beban yg berat. Digunakan untuk perlengkapan evakuasi.

     Lalu untuk peralatan non logam seperti helm digunakan untuk melindungi kepala ketika beraktifitas di sekitar tebing maupun gua. Dome sebagai hunian sementara yang digunakan untuk berlindung dalam berbagai cuaca di alam. Lalu tali karnmantle yang tidak kalah penting digunakan untuk pemanjat dari kejatuhan dengan jarak ketinggian tertentu. Jenis kernmantle untuk pemanjatan  berbagimenjadi dua: dinamik dan statik. Bisa disimpulkan bahwa peralatan tersebut merupakan peralatan dasar yang sangat penting bagi organisasi kepencintaan alam. Untuk itu, maka perlu dilakukan suatu perawatan agar peralatan tersebut tetap terjaga dan aman saat digunakan. upaya logam selalu berfungsi dengan baik, selalu jaga kebersihan carabiner, terutama dari pasir. Jika gerbang alat logam macet,cuci dalam air hangat dengan menggunakan sabun. Bilas secara menyeluruh dan minyaki arealubang pin dan screw dengan pelumas. Bersihkan semua pelumas yang berlebih pada carabiner. Jangan simpan alat logam pada udara yang mengandung garam dan udara yang lembab, dengan peralatan yang lembab atau pakaian lembab, atau bahan kimia yang bisa menyebabkan korosi. Jangan gosok alat logam dengan benda apapun, karena akan menimbulkan kerusakan pada alat logam. Untuk perawatan tali yaitu dengan merapikan ujung tali, Hindari Gesekan Langsung,  Hindari Dari Sinar Matahari Secara Langsung, Jangan Menginjak Tali,dan Bungkus Tali. Untuk perawatan tenda sendiri dilakukan dengan memiringkan tenda, Periksa bagian dalam tenda, Bersihkan tenda, Jemur tenda di tempat teduh, Bersihkan pasak, frame, tali pancangdan benda lainnya, dan juga perlu dilakukan Cek secara berkala. Untuk perawatan alat masak dilakukan dengan  Segera bersihkan kompor dannasting bila selesai memasakdengan tisu basah kemudian dilap menggunakan tisu kering. Sekembalinya dari kegiatan,baru dicuci bersih. Kompor portable mudah terkikis dan karatan dapat dicegah dengan menyemprotkan cairan.

Diklat Lanjutan Kapala MAGMAGAMA˜

Angkatan XXVII˜

Divisi Logistic˜

  • Mei, 2018˜

DAFTAR PUSTAKA

-Berg. Norn, 2011,Checklist of Caving Equipment. Central Connection Grotto

-Tusnbull, Dave,2004. Climbing Outside.BMC Training Officer

-Schubert, Pitt, 2000. Equipment And its Application.The Journal of UIAA

 

Berikut Lampiran dan Penjelasannya:

1b

cd

eUntitled-1fgh

 

#editor: 1625004

bennozola

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.